16 December 2017

Cara Cek Peserta UN Tahun Pelajaran 2017/2018

Sahabat Fosdi Purwadadi : Cara Cek Peserta UN Tahun Pelajaran 2017/2018 - Pada postingan ini saya akan berbagi cara terbaru mengecek peserta Ujian Nasional (UN) dan Verval UN untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di tahun pelajaran 2017/2018 melalui website resmi kemdikbud yakni di http://pdun.data.kemdikbud.go.id .

pdun.data.kemdikbud go id merupakan sebuah website yang di buat oleh kementerian Pendidikan dan kebudayaan untuk keperluan pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun pelajaran 2017/2018.

Untuk Pelaksanan Ujian Nasional Sendiri masih menunggu jadwal UN terbaru melalui POS UN yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Melalui badan standar nasional pendidikan (BSNP). Aplikasi Manajemen PDUN ditjen dikdasmen yang beralamat di http://pdun.data.kemdikbud.go.id ini adalah sebuah situs yang mengambil data CPUN langsung dari dapodik sehingga valid dan tidaknya data tergantung dari entrian data dapodik sekolah Anda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini langkah-langkah cara penggunaan website manajemen PDUN.

CARA LOGIN KE APLIKASI PDUN DATA KEMDIKBUD TAHUN 2017/2018

Siapkan koneksi internet, karena dilakukan secara online. Selanjutnya menuju laman PDUN melalui alamat http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ atau disini . Setelah terbuka tampilan menu login manajemen PDUN, kemudian silahkan Anda gunakan username dan password dapodik sekolah anda untuk login (Pada kode registrasi dikosongkan), kemudian klik tombol login.


Berikut ini adalah tampil beranda informasi manajemen UN, dan untuk melihat Calon Peserta UN sekolah anda, silahkan klik Menu "Calon Peserta UN" contohnya seperti gambar dibawah.


Pada tampilan Daftar Calon Peserta Didik Ujian Nasional (UN). ada 5 (lima) menu penting yang harus kita pelajari dan dipahami dalam penggunaannya. Sebelum masuk kedalam pembahasan berikutnya, silahkan Anda cek lagi data-data cPUN yang meliputi Nama, Jenis kelamin, NISN Perbaiki melalui vervalpd, Tempat tanggal lahir, Agama, Nama Orangtua, Nomor peserta UN Jenjang SD, Nomor seri Ijazah dan SKHUN, NIS dan data lainnya.

Ke-5 (lima) menu pada aplikasi manajemen PDUN yang akan coba saya bahas ini adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan Nomor Kursi
Menu pengaturan nomor kursi digunakan untuk membuat nomor urut rombel Ujian Calon Peserta Ujian Nasional. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini;

1. Klik tombol "pengaturan menu kursi"

2. Lalu pilih salah satu rombel yang akan di buatkan nomor urut, kemudian klik di bagian nama urut rombel lalu pilih nomor. Jika sudah selesai klik tombol simpan seperti penampakkan gambar dibawah


3. Pastikan semua nomor urut rombel terisi agar nantinya data CPUN Excel bisa di buka.

2. Unduh File Calon Peserta UN
Menu ini digunakan untuk mengunduh (download) file Calon peserta UN dalam Bentuk file DZ. File ini tidak perlu dibuka, file tersebut nantinya akan diserahkan ke Panitia UN dan KKDATADIK Kabupaten/Kota.

Mengunduh file DZ ini sangatlah mudah. Caranya: Klik tombol "Unduh File Calon Peserta UN", jika muncul notofikasi " Pastikan data siswa calon peserta UN sudah lengkap dan valid "sebelum file ini serahkan ke panitia UN Dinas Kab/Kota" pilih Ya, lemudian tunggu proses download file sampai selesai.


File dz yang berhasil terunduh dan dikirim ke dinas formatnya berakhiran dz, contoh-nya Anda bisa lihat gambar dibawah ini.



3. Unduh CPUN ke Excel
Menu ini digunakan untuk mempermudah OPS dalam melakukan pengecekkan data peserta UN melalui excel, namun saat ini file excel yang sudah terunduh belum bisa di buka karena aplikasi nya belum disempurnakan oleh admin pusat. Nah, untuk mengunduh data UN excel tentunya sangatlah mudah langusng saja Anda klik tombol "Unduh CPUN ke Excel"

4. Unduh Berita Acara
Pada menu ini sama dengan excel, bedanya file yang terunduh dalam format pdf, dan juga file berita acara UN ini menyatakan " SERAH TERIMA PENDAFTARAN CALON PESERTA UJIAN NASIONAL" yang ditandatangi oleh Kepala sekolah (pihak pertama) dan diserahkan ke pihak pertama yakni Ketua Panitia Ujian Nasional Kab. setempat. selain itu file berita acara juga berisi Lampiran Daftar Calon Peserta Ujian Nasional. Untuk mencetaknya tinggal klik tombol "unduh berita acara".

5. Filter PD berdasar NISN
Menu ini cukup penting karena berguna dalam mengecek peserta didik yang belum memiliki NISN. Caranya : Silahkan klik icon panah kecil pada menu "Filter PD berdasar NISN" lalu pilih " tampilkan PD tidak memiliki NISN" seperti gambar dibawah.


Nah, itulah tutorial tentang cara mengecek ddata peserta didik UN di laman pdun.data.kemdikbud.go.id yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

BERITA TERBARU